Masa Karantina Berakhir, WNI dari Wuhan Besok Diperbolehkan Pulang

Presiden RI Joko Widodo (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Ratusan warga negara Indonesia dari Wuhan, yang dikarantina selama 14 hari di Natuna, akhirnya besok Sabtu diperbolehkan kembali ke kampung halaman masing-masing. Presiden Jokow Widodo memastikan mereka telah mengikuti proses protokol kesehatan dari WHO secara ketat.

“Karantina di Natuna juga di sana ketat diawasi, ketat dicek, harian dicek. Sudah, sekarang 14 hari, memang protokolnya seperti itu,” ujar Jokowi kepada awak media di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2).

Orang nomor wahid di Indonesia ini meminta masyarakat lainnya untuk tidak khawatir terhadap kondisi WNI yang berada di Natuna. Jokowi pun mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut.

“Apa, dikit-dikit takut, ya ndaklah. Wong sudah proses protokol kesehatannya dilalui, ya. Terima apa adanya, enggak ada masalah,” imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan akan melaksanakan observasi terakhir esok hari kepada seluruh WNI dari Wuhan. Setelah itu, WNI tersebut akan dibawa ke Jakarta melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (15/2) siang.