Fraksi PKS Desak Usulan Pembentukan Pansus Jiwasraya Segera Dibawa ke Paripurna

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini (dok:Jazuli)

MONITOR, Jakarta – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Jazuli Zuwaini meminta agar usulan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya segera dibawa ke sidang paripurna. Jika tidak, pihaknya akan terus bersuara agar usulan tersebut direspon oleh pimpinan DPR.

“Kami berharap pimpinan DPR juga menghormati peraturan perundang-undangan bahwa selama itu sudah memenuhi syarat, ya harus diproses,” ucap Jazuli di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (13/2).

Dia mengatakan sudah seharusnya usulan tersebut ditindaklanjuti, paling tidak perlu ditanggapi soal diterima atau tidak kami akan menerima hasil keputusannya.

“Jangan sebelum dibahas sudah dicegah. Kan kalau ada usul dibawa saja ke paripurna. Begitu sampai paripurna ya dilihat, mana mayoritas suara anggota,” katanya. 

“Kami akan menerima dan menghargai demokrasi. Tapi paling tidak dan yang penting harus diproses dulu secara peraturan perundang-undangan. Jangan terkesan sebelum proses demokrasi sudah dijegal duluan, itu tidak boleh,” urainya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan usulan PKS dan Demokrat dalam pembentukan pansus Jiwasraya masih di dalam Kesetjenan DPR RI.

Menanggapi hal tersebut Jazuli mengatakan tidak masalah jika semua sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, dia tetap berharap usulan pansus segera diambil keputusan dalam rapat paripurna.

“Ya kami hormati tata tertib dan administrasi. Tidak masalah, namanya mekanisme di kesetjenan saya kira wajar. Tapi kami berharap ini tetap dibawa sampai ke paripurna,” pungkasnya.