Banyak Lansia Hidup Kurang Layak, PSI Kirim Bantuan ke Kampung Bandan

Wasekjen DPP PSI Danik Eka Rahmaningtiyas menyerahkan bantuan kepada lansia di Kampung Bandan (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Direktorat Sosial dan Kebencanaan DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyerahkan paket bantuan kebutuhan sehari-hari kepada puluhan lansia di kawasan Kampung Bandan, Jakarta Utara.

“Kami salurkan donasi berupa mie instan, perlengkapan mandi dan mencuci kepada para lansia di permukiman padat penduduk di Kampung Bandan,” kata Wakil Sekjen DPP PSI Danik Eka Rahmaningtiyas, Selasa (11/2).

Danik mengungkapkan, permukiman penduduk Kampung Bandan yang dikunjunginya itu dihuni ribuan warga kurang mampu. Kendaraan roda empat tak bisa masuk karena hanya ada gang selebar 1,5 meter.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Mirisnya lagi, tak ada ruang terbuka hijau, antar rumah sangat rapat. Banyak rumah merupakan bangunan semi permanen, tanpa ventilasi udara yang memadai.

“Banyak lansia yang hidup kurang layak, di usia senja masih bekerja serabutan. Hal ini semakin memperkuat alasan agar RUU Lansia segera disahkan,” kata Danik.

“Selain aktivitas sosial seperti ini, harapan ke depannya juga lahir Undang-Undang yang memberi perlindungan bagi para lansia,” terang Danik.

Direktorat Sosial dan Kebencanaan PSI aktif memberikan bantuan kepada warga kurang mampu. Diketahui, bantuan tersebut berasal dari para donatur luar dan sumbangan kader internal.