Jokowi Geram Banyak Hutan Dibakar Demi Kepentingan Ekonomi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo geram dengan ulah oknum pembakar hutan dan lahan. Kekesalannya itu dia sampaikan saat mengumpulkan sejumlah Kepala Daerah, TNI hingga Polri di Istana Negara, Kamis (6/2) kemarin.

“Saya menerima laporan, sebagian besar kebakaran hutan dan lahan terjadi karena ulah manusia yang disengaja untuk motif ekonomi,” kata Jokowi menyampaikan sambutannya.

Untuk mencegah upaya pembakaran lahan dan hutan, Jokowi pun meminta Menteri Lingkungan Hidup serta Polri untuk bertindak tegas terhadap pelaku, baik perorangan maupun korporasi.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Karena itu, jajaran terkait seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Polri harus tegas terhadap pelaku pembakaran hutan tanpa pandang bulu, baik kepada kalangan perorangan maupun korporasi,” pinta Jokowi.

Diketahui, dalam laporan yang diterima, Jokowi menyebutkan Indonesia masih berpotensi mendapat ancaman kebakaran hutan dan lahan meskipun saat ini musim hujan.

Jokowi pun meminta segenap jajarannya terus waspada, apabila ditemukan titik api sekecil apapun di suatu wilayah, untuk sesegera mungkin dipadamkan sebelum telanjur membesar.