Sidak ke Pluit, Fraksi PDIP DPRD DKI Kecewa Ada RTH jadi Kawasan Kuliner

MONITOR, Jakarta – Fraksi PDIP DPRD DKI kembali menyatakan sikap kecewanya terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kali ini PDIP kecewa ketika melihat kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Pluit Kali Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dijadikan kawasan Kuliner.

“Gimana kami tidak kecewa, RTH yang seharusnya dipertahankan sebagai resapan air kok ini dirubah jadi tempat kuliner,” tegas Ketua Fraksi PDIP DPRD Jakarta, Gembong Warsono saat fraksinya melakukan sidak ke proyek kawasan kuliner di Pluit, Senin (3/1).

Dikatakan Gembong, saat Jakarta dipimpin Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, lahan yang awalnya lapak pedagang kembang telah diubah menjadi RTH. Namun kini saat era Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beralih fungsi menjadi kawasan kuliner.

“Di era Pak Ahok, tempat ini direlokasi untuk dikembalikan pada fungsi sebagai jalur hijau RTH, karena beliau sudah berkomitmen untuk kembalikan RTH bagi masyarakat Jakarta Utara,” ujarnya.

Karena itu Gembong menagih janji Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan untuk mengembalikan fungsi lahan itu sebagai RTH. Dia khawatir bila dijadikan sebagai kawasan kuliner, RTH di Jakarta khususnya wilayah Kecamatan Penjaringan berkurang.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga mengatakan, proyek kuliner sebetulnya sudah pernah diberhentikan atas permintaan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi pada 2019 lalu. Namun faktanya proyek tersebut kembali berjalan pada 2020 ini.

“Ternyata memang benar proyek dimulai lagi,” kata Pandapotan.

Diketahui, Fraksi PDIP yang ikut dalam sidak Ketua Fraksi PDI Perjuangan DKI Gembong Warsono, dua Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan DKI Pandapotan Sinaga dan Ima Mahdiah, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DKI Dwi Rio Sambodo serta anggota fraksi PDI Perjuangan lainnya.