Polres Depok Ringkus Penipu yang Janjikan Korban Jadi Karyawan Commuter Line

Deby Annisa Cahyani Rahmat (26) tersangka kasus penipuan yang menjanjikan korbannya menjadi karyawan di PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Polres Metro Depok, menetapkan Deby Annisa Cahyani Rahmat (26) sebagai tersangka kasus penipuan menjanjikan korbannya menjadi karyawan di PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Humas Polres Metro Depok AKP Firdaus mengatakan bahwa penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari Dewi Santaika ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Depok pada, Kamis, 23 Januari 2020.

“Awalnya korban mendapatkan tawaran dari Yadi (saksi), kalau ingin masuk menjadi pegawai di PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI) bisa melalui Deby. Korban tergiur dan menemui tersangka di rumahnya,” kata Firdaus di Mapolres Metro Depok, Kamis (30/1).

Selanjutnya, jelas Firdaus, tersangka yang mengaku sebagai seorang karyawan PT KCI berusaha meyakinkan korbannya. Dia menjanjikan pekerjaan sebagai karyawan kontrak di perusahaan PT KCI. Namun tersangka meminta uang ke pelaku senilai Rp 1Juta sebagai uang pelicin.

“Deby mengaku ke Yadi kalau dia adalah karyawan PT. KCI yang bisa memasukan orang untuk bekerja dengan syarat menyetorkan uang senilai Rp 1Juta,” ujarnya.

Setelah menyetorkan uang kepada tersangka, lanjutnya, korban merasa curiga. Sebab kontrak kerja yang diberikan tersangka terhadap korban saat itu fiktif, dan korban mengetahui jika tersangka bukanlah karyawan di PT. KCI.

“Tersangka terbukti ingin memiliki dan atau menguasai dan akan di gunakan secara pribadi. Sehingga kami jerat dengan kasus tindak Pidana pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP Penipuan dan penggelapan dengan hukuman 4 tahun penjara,” katanya.