Lampaui Target, Pendaftaran Pelatihan Tata Rias dan Tata Boga Disnaker Depok Ditutup

Brosur penerimaan pelatihan kerja Dinsnaker Depok. (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok dijadwalkan akan menutup pendaftaran bagi peserta Pelatihan Tata Rias dan Tata Boga pada tanggal 31 Januari 2020.

Penutupan pendaftaran dilakukan karena jumlah pendaftar sudah melebihi kuota yang ditentukan (over target).

“Antusias masyarakat Kota Depok sungguh luar biasa. Tercatat, baru tiga pekan dibuka pendaftaran, yang mendaftar sudah ada 200 orang lebih dari kuota yang ditentukan. Jadi, akhir Januari ini pendaftarannya kita tutup,” kata Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok, Tri Astuti, di Balai Kota Depok, Rabu (29/1).

Menurut Tri, pihaknya membuka kuota sebanyak 50 orang untuk Pelatihan Tata Rias dan 50 orang untuk Pelatihan Tata Boga. Masing-masing pelatihan, kata dia, terbagi dalam dua angkatan.

“Ini di luar prediksi kami. Karena memang untuk tahun ini kami buka pendaftaran secara umum dan disebar melalui media sosial (medsos). Kalau tahun-tahun sebelumnya melalui rekomendasi dari pihak kelurahan,” jelasnya.

Karena itu, ia berharap, antusiasme pendaftar harus dibarengi dengan niat dan usaha yang maksimal. Dengan demikian, kata dia, setelah pelatihan para peserta bisa menggeluti bidang tersebut dan siap bersaing dalam dunia usaha.

“Mudah-mudahan pelatihan ini bisa ditekuni dan membawa manfaat. Terutama untuk meningkatan ekonomi,” pungkasnya.

Untuk diketahui,  Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok membuka pendaftaran kegiatan pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret hingga September 2020. Hal ini dilakukan untuk menekan angka pengangguran di Kota Depok.

Adapun, pelatihan yang diadakan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, pelatihan perbengkelan sepeda motor, tata boga, tata rias kecantikan, service AC dan pelatihan komputer.