Monas Kebanjiran, Politisi Gerindra Usul Lokasi Penebangan Pohon jadi Waduk

Kawasan Monumen Nasional (Monas) banjir pada pekan lalu (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Kawasan Monas sempat kebanjiran lantaran diguyur hujan seharian pada Jumat, (24/1) lalu. Fenomena langka ini menuai perhatian dari masyarakat ibu Kota. Sebagian besar mengaitkannya dengan konsep revitalisasi Monas yang digencarkan Anies.

Melihat fakta ini, politisi Gerindra Jimmy Alexander Turangan mengusulkan agar lokasi dimana ratusan pohon ditebang, digantikan dengan waduk atau kolam bukan diganti dengan pengeras jalan.

“Saya kira memang sebaiknya pembangunan revitalisasi Monas tetap harus memperhatikan nuansa hijau dan aspek resapan air disana. Sehingga ketika diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Monas tidak tergenang air atau kebanjiran,” terang Jimmy.

Oleh karena itu, mantan anggota DPRD DKI ini mengusulkan, agar area ditebangnya ratusan pohon, digantikan waduk yang fungsinya untuk menyerap atau menampung air di kawasan Monas atau Jalan Merdeka.

“Saran saya dari pada area pohon yang ditebang disana jadi aspal atau pengeras jalan semua, mungkin dipikirkan dibangun juga waduk sebagai tempat penampung air sekaligus bisa dijadikan ajang rekreasi juga,” jelasnya.

Tak hanya saran, dikatakan Jimmy, dia juga sudah menyiapkan desainnya jika memang Anies bisa mempertimbangkan sarannya tersebut.

“Saya sudah siapkan desainnya, kalau Pak Anies mau saya kasih. Mungkin desain yang saya punya bisa dipadukan dengan desain revitalisasi Monas yang sudah dimiliki Pemprov DKI,” pungkasnya.