Jumat, 6 Agustus, 2021

Waspada Penyebaran Virus Corona di Indonesia

MONITOR – Dunia sedang khawatir dengan terus menyebarnya virus Corona atau Coronavirus.

Terdeteksi pertama di Tiongkok, hingga menyebar ke sejumlah negara, termasuk Beijing, Jepang, Thailand, Singapura, hingga Amerika Serikat.

Seperti dilansir CNN, Virus Corona berawal dari sebuah kota di China, Wuhan. Virus ini mulai menyerang kota tersebut dengan wabah yang diduga menyerupai pneumonia China.

Menurut Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP PDPI) Ada tiga gejala yang perlu diwaspadai yakni, demam karena radang di jaringan paru, batuk baik kering atau berdahak, dan kesulitan bernapas.

Pemerintah Indonesia mengantisipasi pencegahan penularan dari luar Indonesia dengan memasang alat deteksi suhu tubuh di 135 pintu masuk ke Indonesia, termasuk di Bandara Soekarno Hatta.

Pengetatan pengawasan dilakukan Angkasa Pura I bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melalui pengoptimalan penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang.

Dilansir Tempo. Otoritas Cina mengkonfirmasi korban meninggal akibat virus corona bertambah menjadi enam orang dan korban terinfeksi kini melonjak nyaris menembus angka 300. Sebelumnya empat orang dilaporkan meninggal dan korban terinfeksi berjumlah 200 orang.

Pemerintah Tiongkok pun berpacu dengan waktu mencegah penyebaran virus menejelang libur tahun baru imlek.

Dilansir Kompas, Ilmuwan Tiongkok menyebut, virus ini tak hanya bisa menyebar dari hewan, tetapi juga bisa menyebar antar-manusia.

Organisasi kesehatan dunia sudah menggelar pertemuan darurat 22 Januari ini di Jenewa untuk membahas penyebaran dan menentukan apakah virus ini layak dinyatakan wabah dan darurat kesehatan Internasional.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER