Jumat, 29 Maret, 2024

Pemkot Depok Gelar Tes Kesehatan untuk Calon Haji 2020 di Sebelas Kecamatan

MONITOR, Depok – Pelaksanaan ibadah haji memang masih beberapa bulan lagi. Tetapi, sejak awal November 2019 lalu, Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap jemaah Calon Haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci di tahun 2020.

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Kota Depok, Umi Zakiyati mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan di sejumlah Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan. Di sana telah disediakan tim pemeriksa kesehatan untuk memeriksa Jemaah Calhaj.

“Ada 11 Puskesmas yang dapat melakukan pemeriksaan jemaah Calhaj. Di antaranya Puskesmas Pancoran Mas, Cimanggis, Tapos, Sukmajaya, Beji, Cilodong, Cipayung, Sawangan, Cinere, Limo, dan Bojongsari,” kata Umi, Selasa (21/1).

Menurut Umi, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebanyak dua tahap. Tahap pertama berupa tes kesehatan untuk mengetahui statusnya apakah termasuk resiko tinggi (Resti) atau tidak resiko tinggi (non Resti).

- Advertisement -

Sedangkan, kata dia, pemeriksaan tahap kedua guna menentukan status kemampuan fisik dalam melaksanakan ibadah haji.

Umi mengatakan, sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, jemaah Calhaj akan mengikuti pembinaan kesehatan terlebih dahulu. Pembinaan ini, jelasnya, juga diberikan oleh tim pemeriksa kesehatan yang ada di setiap Puskesmas.

“Tidak hanya pemeriksaan saja, jemaah calon haji juga akan mengikuti pembinaan agar kesehatannya dapat terjaga secara maksimal saat beribadah haji,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER