Sabtu, 20 April, 2024

Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini: Waspada! Petir dan Angin Kencang

MONITOR, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan bakal diguyur hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Sabtu (11/1).

Dalam laman resmi BMKG kondisi yang patut diwaspadai tersebut akan terjadi pada Sabtu petang. Seluruh wilayah ibu kota mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, hingga Kepulauan Seribu juga diperkirakan akan diguyur hujan ringan sejak pagi hari dengan suhu berkisar 23 hingga 31 derajat celcius dan kelembapan udara 80 hingga 100 persen.

Kondisi tersebut sudah diinformasikan sebelumnya oleh BMKG di mana berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, aktivitas monsun Asia masih signifikan dan gelombang atmosfer (MJO) di wilayah Indonesia masih aktif.

Hasil analisis dinamika atmosfer itu juga menunjukkan pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Provinsi Banten bagian utara hingga Provinsi Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia.

- Advertisement -

Kondisi itu berpotensi secara signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER