Jumat, 19 April, 2024

Pemerintah Akan Berikan Tunjangan Khusus untuk Guru Terdampak Bencana

MONITOR, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan tunjangan khusus bagi guru yang terkena dampak bencana alam.

“Kami berencana akan memberikan tunjangan khusus bagi guru yang terdampak bencana, yang akan diberikan dalam waktu tiga bulan,” kata Nadiem saat mengunjungi SDN Cirimekar 02 Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin.

Ia mengatakan bahwa para guru membutuhkan bantuan untuk melewati masa yang sulit.

“Tunjangan ini diberikan untuk membantu orang tua maupun anak-anaknya melewati masa sulit,” katanya.

- Advertisement -

Sementara itu, berkenaan dengan rehabilitasi sekolah-sekolah yang rusak akibat bencana alam, Nadiem mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menurut dia, sampai saat ini masih mendata sekolah-sekolah yang rusak akibat bencana alam.

“Sebenarnya bangunan yang rusak bukan karena banjir, tapi karena hujan dan mengguncangkan struktur fondasinya,” kata dia.

Saat mengunjungi SDN Cirimekar 02 Cibinong, Nadiem menyerahkan bantuan yang antara lain berupa 100 paket sekolah, 600 eksemplar buku modul belajar, 150 eksemplar buku materi esensial, dan 1.800 buku cerita.

Atap bangunan SDN Cirimekar 02 Cibinong runtuh akibat hujan ekstrem pada malam pergantian tahun Selasa (31/12) malam dan bagian bangunan sekolah lainnya rentan ambruk.

Nadiem memuji para siswa yang tetap semangat belajar di tenda darurat karena bangunan sekolah mereka tidak aman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER