Jamkrindo Salurkan Bantuan Makanan Hingga Popok Bayi untuk Korban Banjir

Perum Jamkrindo menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk korban banjir di Lebak

MONITOR, Jakarta – Perum Jamkrindo melanjutkan distribusi bantuan tanggap darurat bencana banjir di sejumlah daerah di Jabodetabek dan Banten pada Sabtu 5 Januari 2020. Distribusi bantuan melalui sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut diharapkan bisa meringankan beban para korban banjir.

Bersama dengan koordinator posko PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan anggota posko PT Krakatau Steel (Persero) Tbk serta PTPN 8, Perum Jamkrindo melanjutkan distribusi bantuan ke Desa Lebak Situ, Desa Banjar Situ, Desa Banjar Irigasi Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Pada Jumat, Perum Jamkrindo dan BUMN lainnya mendistribusikan bantuan di Desa Sajira, Lebak.

Selain mendistribusikan bantuan di Lebak, Perum Jamkrindo juga mendistribusikan bantuan di beberapa lokasi di Jabodetabek, antara lain Bekasi, Jakarta Barat, dan Ciledug. Di Bekasi, bantuan diserahkan melalui posko BUMN dengan koordinator PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Tim Jamkrindo juga ikut mendistribusikan bantuan dari posko ke Jatirasa dan Margahayu. Menurut penuturan masyarakat, banjir di kompleks Jatirasa bervariasi antara 4-5 meter dengan rumah yang terendam sekitar 800 rumah. Di kompleks ini, ada satu warga meninggal dunia akibat banjir.

Perum Jamkrindo masih akan berada di lokasi bencana dan mendistribusikan bantuan dalam beberapa hari ke depan hingga Kementerian BUMN menyatakan proses distribusi selesai.

Bantuan yang didistribusikan oleh Perum Jamkrindo antara lain makanan kemasan, air mineral, susu bayi, popok bayi, selimut, perkakas pembersih rumah, dan mie instan.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto menjelaskan, Perum Jamkrindo selalu berusaha berpartisipasi dalam masa tanggap darurat bencana alam di berbagai daerah. “Kami berharap, para korban banjir bisa melalui hari-hari pasca banjir dengan tabah dan tegar dan semoga bantuan kami bisa ikut meringankan beban para korban,” ujar Randi.

Selain mendistribusikan bantuan melalui Jamkrindo Peduli, Perum Jamkrindo juga menggalang donasi secara internal yang akan didistribusikan pada tahap selanjutnya. Dalam beberapa kali bencana alam di sejumlah daerah yang skalanya besar, Perum Jamkrindo juga menggalang donasi secara internal yang kemudian didistribusikan kepada para korban.