Sabtu, 20 April, 2024

Banjir Datangkan Kerugian, Sekjen MUI: Jangan Saling Menyalahkan!

MONITOR, Jakarta – Bencana banjir yang melanda tiga wilayah provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menyebabkan kerugian dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini menuai sorotan dari Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Anwar Abbas.

Menyikapi musibah ini, Anwar pun meminta semua elemen masyarakat untuk sabar dan tabah menghadapinya.

“Banjir tahun ini benar-benar dahsyat sehingga mendatangkan kerugian yang cukup besar. MUI menghimbau masyarakat yang ditimpa oleh musibah supaya tetap tabah dan sabar dalam menghadapi ujian ini,” ujar Anwar Abbas, dalam keterangannya, Jumat (3/1).

Selain itu, Ketua PP Muhammadiyah ini juga mengimbau semua masyarakat saling mengulurkan tangan untuk membantu korban banjir lainnya yang sedang mengalami kesulitan agar beban material dan kejiwaan mereka semakin ringan.

- Advertisement -

Lebih jauh, Anwar mengingatkan agar kalangan luas tidak saling menghujat dan menyalahkan satu dengan lainnya terkait persoalan banjir. Ia mengatakan, masalah banjir harus diselesaikan dengan menggunakan pendekatan holistik dan kerjasama banyak pihak.

“Kepada masyarakat luas, MUI menghimbau agar di dalam menghadapi masalah dan musibah ini kita jangan saling menggugat dan atau saling menyalahkan atau hanya menyalahkan kepada salah satu pihak saja karena masalah ini sangat komplek dan membutuhkan pendekatan yang holistik dan kerjasama dari banyak pihak,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER