Disalahkan soal Banjir, Anies: Pemprov DKI Bakal Tanggungjawab

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pintu masuk air Manggarai. Rabu (1/1/2020).

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta menyatakan bertanggungjawab atas terjadinya banjir di ibukota. Oleh karenanya orang nomor satu di Ibukota ini menginstruksikan semua jajarannya untuk turun ke lapangan membantu warga yang terdampak banjir.

“Hujan curahnya tidak bisa kita kendalikan. Tapi dampaknya bisa kita kendalikan. Pemprov DKI harus hadir. Pemprov DKI ambil sikap bertanggungjawab dan kita tujukan kepada warga semua jajaran turun tangan,” ungkap Anies di Pintu Air Manggarai.

Menurut Anies, pihaknya berserta jajarannya siap menghadapi tantangan banjir ini dan siap menyelesaikan persoalan banjir ini dengan sebaik-baiknya.

“Insya Allah kami diberikan kemudahan sehingga bisa menanggulangi persoalan banjir ini dengan sesegera mungkin,” ujar Anies.

Dikatakan Anies, dalam menanggulangi banjir, pihaknya sudah mengintruksikan jajarannya untuk turun langsung membantu warga.

“Datangi kantor kelurahan setempat bekerja dibawah kordinasi lurah,” terang Anies.

Anies pun mengintruksikan, evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor pemerintahan, sekolah, siapkan sebagai tempat pengungsian. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya. Supaya segara posisi siap.

“Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dll. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yg valid secara terus-menerus. amankan semua transportasi publik,” tegasnya.

Anies pun meminta pastikan koordinasi antar bagian berjalan baik. Walikota lakukan koordinasi di lapangan dengan seluruh jajaran di wilayahnya.