Jumat, 29 Maret, 2024

Pemprov DKI Mampu Mengelola Ketahanan Pangan, HIPPI : Petumbuhan Ekonomi Alami Tren Positif

MONITOR, Jakarta – Keberhasilan Pemprov DKI dalam mengelola harga pokok pangan dinilai Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI membawa pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi di ibukota.

Hal tersebut diungkap HIPPI pada acara Review Ekonomi Jakarta 2019 dan Out Look 2020 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/12).

“Trend kinerja ekonomi Jakarta yang positif ini dipengaruhi oleh kemampuan Pemprov DKI Jakarta mengelola harga pokok pangan yang stabil untuk menjaga konsumi rumah tangga atau daya beli masyarakat yang terjaga sehingga tingkat Inflasi juga selalu terkendali,” ujar Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang.

Menurut Sarman, berbagai program bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat melalui Kartu Jakarta Sehat, Kartu Jakarta Pintar, Kartu Pekerja, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul dan lain lainnya tepat sasaran sehingga mendorong daya beli masyarakat tetap stabil.

- Advertisement -

Namun demimian, dituturkan Sarman, bahwa beberapa sektor yang mengalami kelesuan atau tekanan sepanjang tahun 2019 adalah sektor ritel dan properti.

“Usaha ritel tertekan akibat maraknya bisnis online dan adanya pengiritan belanja masyarakat. Sedangkan sektor properti di samping karena sentimen perpindahan Ibukota juga masyarakat kelas menengah yang cenderung menahan uangnya untuk berinvestasi di tengah gejolak ekonomi global dan nasional yang tidak stabil,” kata Sarman yang juga Komisaris PT Delta ini.

Untuk tahun 2020, kata Sarman, pihaknya berharap agar kinerja ekonomi Jakarta tetap terjaga dan kondusif dengan harapan bahwa prestasi yang diraih dalam tiga tahun terakhir mampu dipertahankan.

“Beberapa indikator yang menjadi perhatian adalah bagaimana agar konsumsi rumah tangga tetap terjaga. Target investasi diharapkan mencapai target dengan penyempurnaan pelayanan perizinan serta kebijakan yang semakin menarik dan yang paling penting juga adalah penyerapan anggaran pemerintah yang tepat waktu sepanjang tahun,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER