Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan, DPR: Ini Monumen Bersejarah

Tol Kalimantan - Samarinda adalah tol pertama di Pulau Kalimantan

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi V DPR RI Irwan Feccho mengatakan bahwa peresmian Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang diresmikan Presiden Jokowi merupakan hal yang bersejarah, khususnya bagi masyarakat Kalimantan Timur.

“Ini adalah tol pertama di Kalimantan sekaligus monumen sejarah ke depan bagaimana tol ini menandakan mulai hadirnya keadilan infrastruktur jalan di luar pulau jawa khususnya di Kalimantan,” kata Irwan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (18/12).

Menurut Irwan, tol Balsam berfungsi untuk membantu akses jalan baru lalu lintas dua kota besar di Kaltim. Selain itu, keberadaan tol ini juga diharapkan dapat memangkas biaya logistik di Kaltim.

Sebab, imbuh politikus Demokrat itu, distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. Irwan menyatakan, tol Balsam juga akan mendukung akses masyarakat di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Bahkan keyakinan saya, Pak Jokowi menunjuk Kaltim sebagai IKN karena salah satunya adanya tol Balikpapan-Samarinda ini,” sebut anggota dewan asal Kalimantan Timur tersebut.

Disisi lain, Irwan mengatakan, IKN di Kaltim akan menjadi pusat peradaban baru dan pemersatu bangsa, mempercepat pertumbuhan ekonomi serta pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita membangun IKN baru dengan cara-cara bermartabat dan berdaulat sebagai bangsa dan negara yang besar. IKN baru adalah masa depan bangsa dan NKRI,” pungkas Irwan.