Hadapi Pilkada Serentak 2020, PKS Targetkan Kemenangan Hingga 60 Persen

Hidayat Nur Wahid

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan bahwa dalam kontestasi Pilkada serentak 2020 mendatang, partainya menargetkan kemenagan sebesar 60 persen di tingkat nasional, termasuk Pilkada Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Target kami juga adalah Pilkada 2020 untuk memenangkan sekurang-kurangnya 60 persen, Jatim juga 60 persen,” kata HNW dalam konferensi pers-nya, di Surabaya, Minggu (15/12).

Lebih lanjut, HNW juga mengutarakan bahwa berdasarkan instuksi dari dewan pimpinan pusat (DPP), partainya akan mendukung dan memenangkan kader yang akan diusung pada Pilkada nanti.

Namun saat ditanya ikhwal sosok yang akan diusung PKS, khsusnya untuk Pilkada Surabaya? HNW menyerahkan sepenuhnya kepada para pengurus DPW Jatim dan DPD Surabaya.

“Siapakah beliau (yang diusung,red), kami selalu gunakan pendekatan bottom -up,” ujar wakil ketua MPR RI itu.

Bahkan, mantan calon gubernur DKI Jakarta itu memberikan ruang bagi pengurus PKS tingkat daerah untuk bermusyawarah. Misalnya, imbuh dia, terkait pemilihan internal hingga survei. Yang nanti, hasil ini akan disetor ke DPP.

“Kami di DPP biasanya menyetujui apa yang disampaikan kawan-kawan di tingkat Surabaya (dan daerah),” pungkasnya.