Anggota MPR Ini Sosialisasikan Empat Pilar Dipegelaran Seni Budaya Islam

Foto gedung MPR monitor.co.id

MONITOR, Jakarta – Anggota MPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menjadikan momentum pegelaran seni budaya Islam sebagai salah satu dari berbagai metode untuk mensosialisasikan Empat Pilar (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) kepada masyarakat.

Selama ini MPR sudah dilaksanakan berbagai macam pagelaran seni budaya di daerah. Begitu juga dengan pagelaran seni budaya Islam dengan tema ‘Semarak Maulid Nabi Muhammad SAW’ yang digelar di Aula Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat tersebut.

“Tujuan pagelaran ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang ideologi negara, yaitu Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negaran,” kata Neng Eem Marhamah dalam keterangan tertulis, Minggu (15/12).

Dikatakan politisi PKB ini, Empat Pilar perlu disosialisasikan mengingat urgensinya untuk kehidupan berbangsa dan bernegara agar terhindar dari konflik dan perbedaan yang sering terjadi di media sosial belakangan ini.

“Dengan Empat Pilar kita bangun peradaban dan menghindari kita dari rasa benci diantara kita. Mari kita bangun rasa nasionalisme yang sekarang sudah mulai luntur dari masyarakat kita. Di negara yang begitu beragam ini nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar harus kita implementasikan dan wujudkan pada kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal MPR RI selaku Panitia Pelaksana Pementasan ini dalam laporannya yang disampaikan Kepala Biro Umum MPR RI Heri Herawan menyatakan bahwa pagelaran seni budaya adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Dan, di daerah lain juga diselenggarakan tentunya disesuaikan dengan seni budaya masyarakat setempat.

Lebih lanjut Heri menyatakan, tantangan bangsa kita sekarang ini adalah maraknya radikalisme, terorisme melalui media sosial, efek kemajuan teknologi sudah mempengaruhi generasi milenial bangsa kita oleh karena itu sebut Heri mari para milenial bisa membentengi diri dengan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar MPR RI agar terhindar dari radikalisme, intoleransi dan terorisme.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini, termasuk awak media. Mari kita saksikan pagelaran ini, dan terus jaga serta laksanakan nilai-nilai luhur bangsa.

“Kami MPR RI berharap agar masyarakat bisa mengambil hikmah dan pelajaran baik dan positif dari seni budaya yang dipentaskan,” pungkasnya.