Rokhmin Dahuri ajak KKP Jalankan Kebijakan berbasis Ilmu Pengetahuan

97

MONITOR, Jakarta РKementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Rabu (4/11/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Strategis KKP 2020-2024 melalui masukan para pemangku kepentingan di sektor kelautan dan perikanan maupun sektor terkait.

“Hari ini kumpul bersama mencari jalan keluar tentang permasalahan perikanan dan kelautan Indonesia,” kata Menteri KKP, Eddy Prabowo.

Rakornas KKP 2019 juga turut dihadiri oleh Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Ida Fauziyah (Menaketrans), Suharso Monoarfa (Kepala Bappenas), dan Sudin (Ketua Komisi IV DPR RI), serta juga melibatkan KP, Dinas KP/Bappeda seluruh Indonesia.

Beberapa narasumber diundang dalam acara tersebut diantaranya mantan menteri kelautan dan perikanan era kabinet gotong royong, Prof Rokhmin Dahuri. Guru besar perikanan dan ilmu kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) itu memberikan paparan pembangunan sektor keluatan dan perikanan yang berkelanjutan dan mensejahterakan.

Menteri KKP Eddy Prabowo sendiri mengundang secara khusus ketua Masyarakat Akukultur Inonesia (MAI) itu untuk memberikan masukan kepada KKP menjalankan kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan berbasis ilmu pengetahuan (scientific-based policy) agar dapat menyejahterakan masyarakat melalui pengembangan antara lain perikanan tangkap, perikanan budidaya, industrialisasi kelautan dan perikanan, serta pengembangan bioteknologi.