Saran Budayawan Solo untuk Kapolri terkait Calon Kabareskrim

743
Budayawan Kesunanan Solo Kangdjeng Pangeran Karyonegoro

MONITOR, Jakarta – Keputusan Kapolri Jenderal Idham Azis untuk menentukan Kabareskrim baru sangat dinantikan banyak kalangan. Dari sejumlah nama yang muncul, sosok Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo, rupanya dapat dukungan.

Dukungan tersebut datang dari Budayawan Kesunanan Solo, Kangdjeng Pangeran Karyonegoro. Ia menyebut Sigit adalah sosok yang paling tepat untuk mengisi posisi Kabareskrim baru.

“Saya sangat mendukung penuh pengangkatan Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim yang baru karena yang bersangkutan telah memenuhi syarat-syarat kapasitas, kapabilitas, administrasi dan kepangkatan,” ujar Pangeran Karyonegoro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, (28/11)

Sebagai budayawan, dirinya melihat selama menjabat Kapolresta Surakarta, Sigit memiliki penghormatan terhadap kebudayaan Indonesia dengan memberikan fasilitasi dan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan budaya yang dilaksanakan oleh Kraton Solo secara langsung.

“Hendaknya pertimbangan agama tidak dijadikan sebagai alasan untuk menolak Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim karena Kepolisian adalah lembaga negara yang terbuka untuk semua pemeluk agama dan etnis. Jangan membuka kotak pandora yang dapat menyebabkan disintegrasi Bangsa,” tegasnya.

Tak hanya itu, Pangeran Karyonegoro yang juga duduk sebagai Dewan Penasihat Forum Satu Bangsa ini, menyerukan kepada segenap warga bangsa Indonesia untuk bersatu melawan diskriminasi dan persekusi yang mengatasnamakan agama.

“Sekali pertimbangan agama ini disulut maka akan sulit bagi kita untuk menghentikannya nyala apinya,” tandasnya.

“Semoga kita semua mampu menjaga keutuhan negara dan keamanan warganya,” tambahnya.