Mari Menjadi Guru Pembelajar!

Advertorial

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menjadi inspektur upacara dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) M.Q. Wisnu Aji; Ketua PGRI, Unifah Rosyidi, beserta ratusan guru dari seluruh DKI Jakarta.

MONITOR, Jakarta – Sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Guru Nasional (HGN), pada hari Jumat (22/11/2019) diadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

Bertindak sebagai inspektur upacara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK) M.Q. Wisnu Aji; Ketua PGRI, Unifah Rosyidi, beserta ratusan guru dari seluruh DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak para guru untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjasa memerdekakan Indonesia.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Di tempat ini berbaring pribadi-pribadi yang berjasa di Indonesia. Mereka yang terbaring di sini adalah guru, adalah pahlawan sepanjang masa. Hari ini kita mendoakan mereka yang telah menghibahkan pikirannya, tenaganya, air matanya, darahnya bahkan jasad, nyawanya untuk Indonesia,” tutur Anies sesaat jelang mengheningkan cipta.

Pemerintah melalui surat edaran (SE) Mendikbud menyampaikan tema yang diusung saat Hari Guru Nasional 2019, yaitu “Guru Penggerak Indonesia Maju”.

Anies mengatakan bahwa ke depan guru harus terus menjadi pendidik yang baik dan itu mensyaratkan karakter pembelajar.

“Maka dari itu guru harus terus menerus belajar. Kalau guru bisa terus menerus jadi guru pembelajar maka ilmu pengetahuan yang berkembang amat pesat ini akan dengan baik tersampaikan di ruang kelas yang ada di Indonesia,” tutur Mendikbud periode 2014 s.d. 2016 ini.

Anies berharap, guru di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta menjadi guru pembelajar, sehingga ke depan mampu “melahirkan” generasi emas yang mampu membawa Indonesia bersaing di kancah dunia.