Ma’ruf Amin Klaim Pemerintah Sukses Turunkan Angka Kemiskinan

199
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat memimpin rapat bersama para menteri (dok: ist)

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, dalam periode pertama, pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah berhasil menurunkan kemiskinan dari 11,25% di tahun 2015 menjadi 9,41% di tahun 2019.

“Tingkat kemiskinan di tahun 2019 juga merupakan pencapaian tersendiri karena ini kali pertama Indonesia mencapai tingkat kemiskinan 1 digit,” ucap Ma’ruf Amin saat Rapat Penanggulangan Kemiskinan dan Pencegahan Stunting bersama para menteri dan kepala lembaga, Jumat (1/11) kemarin.

Tak hanya itu, ia menyatakan angka prevalensi Balita stunting di Indonesia yang pada tahun 2013 adalah 37,2%, mengalami penurunan menjadi 27,67% pada tahun 2019.

Menurutnya, Indonesia tidak lagi dikategorikan sebagai negara dengan prevalensi stunting tinggi, tapi masuk dalam kategori negara dengan prevalensi stunting sedang. Pemerintah sendiri menetapkan target untuk menurunkan prevalensi stunting dibawah 20% pada tahun 2024.

“Saya ingin kita semua menjaga momentum positif tersebut dan mendorong lebih baik lagi. Untuk itu, kita perlu bekerja bersama baik lintas Kementerian/Lembaga, maupun dari tingkat pemerintah pusat sampai ke tingkat desa, termasuk melibatkan peran swasta dan masyarakat,” imbuh Ma’ruf Amin.