Jumat, 29 Maret, 2024

Gandeng BPIP, BNPT: Penanganan Radikalisme-Terorisme Melalui Pembinaan Ideologi Pancasila

MONITOR, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan melakukan Nota Kesepahaman atau MoU dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, Nota Kesepahaman tersebut dilakukan dalam rangka untuk mendorong sinergitas antar instansi pemerintah dalam penanganan radikalisme dan terorisme.

“Mengingat akar permasalahan radikalisme dan terorisme yang sangat kompleks, negara perlu hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut dari hulu ke hilir,” kata Suhardi dalam keterangan tertulisnya, Jum’at (1/11).

“Sejumlah Kementerian maupun Lembaga Negara telah menjalin kerja sama dengan BNPT dalam penanggulangan radikalisme dan terorisme,” tambahnya.

- Advertisement -

Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Nota Kesepahaman antara BNPT dengan BPIP, Suhardi menjelaskan kerjasama penanggulangan terorisme melalui pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila.

Ia pun memaparkan, beberapa hal yang menjadi ruang lingkup kerja sama antar kedua instansi meliputi:

Penyiapan bahan ajar dan metode pembinaan Ideologi Pancasila kepada masyarakat umum, pelaku terorisme dan keluarga, korban aksi terorisme dan keluarga, aparat penegak hukum yang menangani tindak pidana terorisme dan keluarga, ASN di lingkungan BNPT, dan WNI/BHI di luar negeri.

Program konseling dan intervensi terhadap pelaku.

Melaksanakan sosialisasi terkait pembinaan Ideologi Pancasila; Pendidikan dan pelatihan terhadap masyarakat umum, aparat penegak hukum, dan ASN.

Penyusunan kontra narasi, kontra propaganda, dan kontra ideologi dalam berbagai bentuk pemberitaan di masyarakat.

Koordinasi dalam identifikasi potensi radikalisme yang berkembang di lingkungan aparatur negara dan masyarakat melalui hasil kegiatan pengendalian dan evaluasi pembinaan Ideologi Pancasila.

Tukar-menukar informasi, pengkajian terkait Pancasila, dan bidang lain sesuai kebutuhan.

Untuk diketahui, kerjasama ini tertuang dalam Nota Kesepahaman yang akan intandangani langsung oleh Kepala BNPT, Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, M.H., dengan Plt. Kepala BPIP, Hariyono yang bertempat di salah satu Gedung Kementerian di bilangan Jakarta Pusat, Jum’at (1/11) sekitar pukul 14.00 WIB.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER