Kamis, 25 April, 2024

Herman Herry Sampaikan Hasil FNP Calon Kapolri di Rapat Paripurna DPR

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyampaikan langsung hasil keputusan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test (FNP) terhadap pencalonan Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri. Dalam penjelasannya, Komisi III secara aklamasi menyetujui pencalonan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri yang menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang telah ditunjuk sebagai menteri dalam negeri (Mendagri) dalam kabinet Indonesia maju.

“Setelah dilakukan proses Uji Kelayakan, selanjutnya pada pukul 16.30 WIB, Komisi III mengadakan rapat pleno untuk pengambilan keputusan terhadap calon Kapolri yang telah dilakukan Uji Kelayakan,” kata Herman dalam rapat paripurna, Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (31/10).

Herman juga mengatakan, komisi sangat menyadari dan memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat mutlak untuk menjadi Kapolri

“Atas dasar itu Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI, dengan harapan calon Kapolri terpilih sungguh-sungguh dapat dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri sebagaimana yang telah diatur dalam aturan perudang-undangan,”ujar politikus PDI Perjuangan itu.

- Advertisement -

Dalam kesempatan itu, Herman menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Jenderal (Pur) Tito Karnavian yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional dalam melaksanakan tugasnya, demi terciptanya ketertiban, keamanan di negeri tercinta ini saat menjabat sebagai Kapolri.

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang membantu komisi III DPR RI dalam menjalankan tugas konstitusionalnya, baik media cetak, eletronik, maupun kalangan masyarakat pada umumnya,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER