Sabtu, 20 April, 2024

Dosen ITB Ahmad Dahlan Dorong Masyarakat Tingkatkan Penghasilan dari Internet

MONITOR, Jakarta – ITB Ahmad Dahlan Jakarta mendorong masyarakat lebih produktif gunakan internet. Hal ini dilakukan dalam program pengabdian kepada masyarakat (PKM) Dosen yang dilakukan di Desa Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng, Bogor.

Pengabdian tersebut dilakukan oleh 2 (dua) orang dosen ITB Ahmad Dahlan Jakarta yang diketuai oleh Tito Siswanto dengan anggota Gusneli. Pengabdian yang diperuntukan untuk pemuda itu, diarahkan kepada penggunaan internet sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan pendapatan pemuda.

Tito menilai, masyarakat saat ini banyak yang menggunakan internet namun belum bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan.

“Potensi bisnis di dunia maya sangat besar, namun banyak masyarakat yang belum menjadikan internet sebagai sarana peningkatkan pendapatan,” jelas Tito yang juga sekretaris Pusat Kewirausahaan Ahmad Dahlan itu.

- Advertisement -

Tito melanjutkan, dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang sudah mencapai lebih dari 50% dari jumlah penduduk, tentu banyak potensi yang bisa berdampak secara ekonomis bagi masyarakat. Menurutnya, sangat disayangkan jika masyarakat hanya menggunakan internet untuk sekedar mencari kesenangan dan hiburan saja.

“Ada banyak peluang yang bisa dimaksimalkan dengan menggunakan internet, misalnya yang paling mudah dan sangat mungkin dilakukan oleh wirausaha pemula adalah dengan menjalankan bisnis model dropshipping,” ujar Tito saat dimintai keterangan pada Kamis (31/10).

Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Ciseeng itu, sejalan dengan semangat ITB Ahmad Dahlan dalam mewujudkan socio technopreneur university. Diharapkan program tersebut dapat mendorong terciptanya wirausaha-wirausaha baru di kalangan pemuda.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER