Jumat, 3 Desember, 2021

PSIPP ITB Ahmad Dahlan Gelar Seminar Puncak Kampanye 16HAKtP

MONITOR, Jakarta – Pusat Studi Islam, Perempuan dan Pembangunan (PSIPP) Institute Teknologi Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan menggelar kegiatan seminar Upaya Penghapusan Perkawinan Anak melalui Fiqih Perlindungan Anak, Senin (23/12). Acara ini merupakan puncak peringatan kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKtP).

Pada kegiatan ini, PSIPP melibatkan peran anak-anak muda di sekitaran Tangerang Selatan dalam merealisasikan kampanye tersebut.

“PSIPP ITB Ahmad Dahlan dalam rangkaian peringatan 16HAKtP ini sudah melakukan lima jenis kegiatan, jadi kita mengundang semua orang untuk mendonasikan barang-barang yang masih layak untuk dijual, kemudian hasil donasi akan kami salurkan melalui Posbakum Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah,” ujar Ketua PSIPP ITB Ahmad Dahlan Yulianti Muthmainnah dalam sambutannya.

Yuli menjelaskan, ada sejumlah pokok bahasan yang dibahas dalam puncak perayaan Kampanye 16HAKtP diantaranya upaya penghapusan perkawinan anak melalui fikih perlindungan anak, pembelajaran dari akar rumput, mengetahui hukum nasional dan internasional, program-program pemerintah, peran tokoh agama, serta pengarusutamaan melalui kurikulum AIKA di kampus.

- Advertisement -

Selain seminar, PSIPP juga menggandeng sejumlah organisasi kepemudaan di tingkat ortom Muhammadiyah dan kampus untuk berkomitmen sama-sama mencegah perkawinan anak di lingkungannya. Di hadapan para peserta seminar, pimpinan organisasi kepemudaan membacakan ikrar komitmen tersebut.

Tak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, PSIPP ITB Ahmad Dahlan juga melangsungkan prosesi penyerahan hasil donasi charity sale kepada Posbakum Majelis Hukum dan HAM PP ‘Aisyiyah. Prosesi ini dilakukan langsung oleh Rektor ITB Ahmad Dahlan Dr. Mukhaer Pakkana sekaligus sebagai Dewan Pengarah PSIPP.

Sebagai informasi, kegiatan seminar ini dihadiri sebanyak 187 peserta. Mereka berasal dari mahasiswa sejumlah kampus di Jakarta, organisasi kepemudaan, dan organisasi ortom Muhammadiyah dan undangan komunitas lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER