Irwan: Tudingan Arief Poyuono ke SBY Bisa Degradasi Akal Sehat Rakyat Indonesia

1183
Anggota DPR RI 2019-2024 H. Irwan. Foto: Ist

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Demokrat H. Irwan menilai apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono dapat membuat akal sehat rakyat Indonesia terdegradasi.

Hal itu menyikapi pernyataan Arief Poyuono bahwa tidak masuknya Agus Harimuti Yudhoyono (AHY) menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju, akibat Ketua Umum DPP Partai Demokrat SBY yang tidak berkomitmen tegas untuk berkoalisi dengan kubu Jokowi.

“Saya nilai apa yang disampaikan Arief Poyuono itu ngelindur ya, jadi kalau masyarakat Indonesia ini percaya dengan statmen-statmen Arief itu, saya pikir akal sehat bangsa ini akan terdegradasi,”kata Irwan kepada awak media, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (29/10).

Menurut Irwan, tidak masuknya kader partai berlambang bintang mercy dalam kabinet, sepenuhnya merupakan hak prerogratif yang dimiliki Presiden Jokowi, dan bukan dalam kapasitas Demokrat untuk kemudian meminta-minta kekuasaan seperti manuver politik yang dilakukan Partai Gerindra.

“Jadi, itu pernyataan yang tidak perlu ditanggapi ya, dan pernyataan itu menunjukan Gerindra fakir kekuasaan,” tegasnya.

“Keputusan (masuk tidaknya dalam koalisi,red) itu merupakan hak preogratif presiden dan tentunya itu keputusan yang harus kita hargai, dan saya pikir sikap kita bagaimana kedepannya mendukug pemerintahan Pak Jokowi selama masih konstitusional dan selama kemudian ada kepentingan-kepentingan rakyat yang kemudian terganggu nantinya tentu kita akan memberikan masukan yang konstruktif,” papar dia.

Pun demikian, terkait dengan sikap politik partai terhadap pemerintahan lima tahun kedepan, Irwan menyerahkan sepenuhnya terhadap intruksi dari pimpinan partai.

“Namun apapun itu, soal sikap politik demokrat kedepannya tentu kita akan menunggu secara resmi yang akan disampaikan oleh ketua umum partai,”pungkasnya.