Tak Dilibatkan Presiden, Masinton: KPK Tak Perlu Tau Sosok Menteri Kabinet Baru

46
Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu dalam sebuah diskusi (dok: Rangga Monitor)

Masinton: KPK Tak Perlu Tahu Sosok Menteri Kabinet Jokowi

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Masinton Pasaribu mengatakan bahwa KPK tidak harus mengetahui sosok menteri kabinet baru Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Sebaba, penyusunan kabinet sepenuhnya hak prerogatif presiden.

“Prerogatif itu berarti hak khusus presiden yang tidak boleh dibagi-bagi ke siapa pun. Jadi, KPK tidak boleh kepo, tentang kabinet sekarang siapa yang akan disusun oleh Presiden,” kata Masinton, di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (16/10).

Masinton mengakui pada 2014, Jokowi menggunakan ‘jasa’ KPK mengupas rekam jejak calon menteri. Pasalnya, ada delapan kandidat yang diberi label merah oleh Lembaga Antirasuah.

Namun, dia mengeklaim label tersebut sudah tidak ada lagi proses hukum terhadap delapan orang yang ditandai KPK juga tidak jelas. Padahal, Komisi Antikorupsi menganggap mereka bermasalah secara hukum.

“Mungkin Presiden berangkat dari pengalaman itu, jadi jangan sampai KPK ini berubah fungsi menjadi komisi penghambat karier,” beber dia.

Menurut Masinton, Presiden punya banyak mata dan telinga menyaring kandidat menteri. Jokowi pasti punya penilaian khusus, sehingga tak perlu melibatkan KPK atau PPATK.

“Karena presiden punya banyak instrumen, untuk melakukan tracking atau rekam jejak terhadap masing-masing anggota kabinetnya nanti,” pungkasnya.