Amankan Pelantikan Anggota DPR, Aparat Kepolisian Terapkan Pengamanan Tiga Ring

Foto; Dok Humas Polri

MONITOR, Jakarta – Aparat kepolisisan melakukan pengamanan ketat saat acara pelantikan anggota DPR/DPD RI periode 2019-2024. Tak tanggung-tanggung untuk memastikan acara pelatikan berlangsung aman dan lancar, aparat kepolisian menerapkan sistem pengamanan dengan pola tiga ring.

“Ya, untuk mengamankan jalannya anggota DPR/DPD RI ini, kami menggunakan pola pengamanan tiga ring. Ring satu di dalam tempat giat pelantikan anggota dewan. Ring dua di Gedung DPR. Ring tiga di halaman parkir,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan.

Sementara itu, aparatur lainnya bersiaga di jalanan di sekitaran Kompleks Parlemen. Aparat yang bersiaga terdiri atas satuan lalu lintas, Sabhara, dan elemen pengamanan lainnya.

Di jalan-jalan anggota Lantas dan Sabhara laksanakan pengamanan, penegakan pengaturan, dan patroli,” ucapnya.

Jumlah aparat gabungan yang dikerahkan sebanyak 24.870 personel. Rinciannya, petugas Polri berjumlah 16.400 personel. Sedangkan TNI berjumlah 7.800 personel. Aparatur dari Pemprov DKI 570 personel dan Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR 100 personel.

Sekadar informasi, pengucapan sumpah terhadap 574 anggota DPR periode 2019-2024 dimulai sekira pukul 10.00 WIB dengan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).