Usai Uji Kelayakan dan Kepatutan, Komisi III DPR Lakukan Pleno Tertutup

13
Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin berjabat tangan dengan Capim KPK Alexander Marwata. dok: Monitor.co.id

MONITOR, Jakarta – Calon Pimpinan (Capim) KPK Roby Arya Brata menjadi calon terakhir dari uji kelayakanda kepatutan yang digelar Komisi III DPR RI sejak Rabu (11/9) kemarin.

Dengan berakhirnya uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 Capim KPK, maka agenda selanjutnya adalah menentukan secara musyawarah mufakat untuk memilih lima orang pimpinan periode 2019-2023 nanti.

Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin pun meminta agar semua Kapoksi dan juru bicara dari seluruh fraksi untuk melakukan pleno.

“Kita telah menyelesaikan 10 calon pimpinan kita akan skors 15-20 menit,” kata Aziz selaki pimpinan rapat uji kelayakan dan kepatutan, di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Kamis (12/9).

“Nanti apabila dinyatakan terbuka akan dibuka kembali,” sambung legislator fraksi Golkar itu.
Dalam rangka menggelar rapat, Aziz pun meminta persetujuan dari semua fraksi untuk menskors terlebih dahulu rapat uji kelayakan dan kepatutan.

Seperti diketahui, uji kelayakan dan kepatutan pada hari ini dilangsungkan untuk 5 capim KPK yaitu Alexander Marwata, Firli Bahuri, Johanis Tanak, Luthfi Jayadi Kurniawan, dan Roby Arya Brata.

Sedangkan untuk Rabu kemarin, 5 Capim KPK yang diuji yaitu Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Sigit Danang Joyo, Nawawi Pomolango, dan I Nyoman Wara.