Jelang FNP, Komisi III DPR Gelar Uji Makalah Capim KPK

Uji Makalah 10 Capim KPK di Komisi III DPR RI

MONITOR, Jakarta – Komisi III DPR menggelar uji makalah terhadap 10 nama calon pimpinan (Capim) KPK, Senin (9/9).

Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin mengatakan bahwa setiap Capim KPK akan memilih beberapa tema termasuk nomor urut yang telah disediakan oleh komisi bidang hukum.

“Saya mulai dari kanan, karena Nabi Muhammad suka dengan sesuatu hal yang berasal dari kanan. Maka saya persilahkan saudara Firli Bahuri untuk pertama memilihnya tema yang telah teracak dan nomor urutnya di meja pimpinan,” kata Aziz mempersilahkan, di Ruang Rapat Komisi III DPR, Senayan, Senin (9/9).

Usai kesemuanya calon mengambil tema dan nomor urut tersebut, Aziz juga menginformasikan bahwa komisi III DPR memberikan waktu pembuatan makalah selama 1,5 jam dan agar dipergunakan dengan sebaik mungkin.

“Pembuatan makalah kami berikan waktu selama 1,5 jam setelah semua calon mengambil tema dan nomor urut yang telah disediakan,” papar politikus Golkar itu.

Sebelumnya, Aziz Syamsuddin yang didampingi Wakil Ketua Komisi III DPR lainnya, seperti Desmond J Mahesa dan Erma Suryani Ranik lebih dulu memperkenalkan kesepuluh nama Capim KPK di dalam rapat yang digelar terbuka untuk umum.

“Saya sebutkan secara berurutan para calon pimpinan KPK. Yang pertama Alexander Marwata, sudah kenal ya. Kemudian yang terhormat saudara Firli Bahuri. Kemudian, I Nyoman Wara, Johanis Tanak, Lili Pintauli Siregar, Luthfi K Jayadi, Nawawi Pamolango, Nurul Ghufron,Roby Arya Brata, dan Sigit Danang Joyo,”pungkasnya.