Jumat, 29 Maret, 2024

Jakarta Dianggap Sesak, PSI Setuju Ibu Kota Dipindah ke Kalimantan

MONITOR, Jakarta – Pemindahan Ibu Kota RI dari Jakarta ke Kalimantan Timur rupanya mendulang dukungan penuh dari Politikus PSI, Dedek Prayudi. Ia mengatakan, ada banyak alasan yang membuat dirinya setuju dengan gagasan yang dilontarkan Jokowi.

Uki, demikian panggilannya, menilai kota Jakarta saat ini sudah sangat sesak dengan beban yang diembannya. Mulai dari menjadi pusat ekonomi atau bisnis, pusat pemerintahan dan lain sebagainya.

“Saat ini DKI Jakarta mengemban beban sebagai pusat ekonomi/bisnis dan pusat pemerintahan,” kata Uki dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/9).

Namun ia pun tak berani memberikan garansi jika dengan pemindahan Ibu Kota, maka Jakarta akan bebas dari masalah. “Dengan pindah ibukota masalah Jakarta selesai? No! Tapi beban kota ini dapat dikurangi, yang dampaknya akan sangat besar pada efisiensi ekonomi Jakarta dan efektifitas pemerintahan pusat,” tambahnya.

- Advertisement -

Selain itu, Uki menjelaskan hingga kini kepadatan penduduk DKI Jakarta adalah 15000jiwa/Km². “Bandingkan dengan Singapura & Kuala Lumpur: 6000jiwa/Km² & 6900jiwa/Km². Konsumsi air untuk kebutuhan rumah tangga & industri secara massif di lahan yang padat penduduk itu membuat tanah di DKI amblas 3-18cm/tahun,” terangnya.

Menurutnya, Jakarta sejak dulu mengalami surplus penduduk berpendidikan, sedangkan daerah lain mengalami defisit penduduk berpendidikan yang menyebabkan ketimpangan sosial di dalam Jakarta maupun ketimpangan ekonomi antara Jakarta dan daerah lainnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER