Menhub: Bus Listrik Akan Beroperasi Minggu Depan

Bus Listrik (Foto: Kompas)

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan uji coba bus listrik beberapa waktu lalu. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa bus listrik akan beroperasi pada minggu depan.

“Minggu depan kendaraan umum (Bus TransJakarta), listrik sudah bisa beroperasi,” ujar Budi Karya, Senin (2/9).

Sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, seluruh pemangku kepentingan pun didorong agar segera mewujudkan apa yang termaktub dalam aturan tersebut.

Bahkan, sejumlah kemudahan pun ditawarkan untuk mereka yang menggunakan kendaraan listrik, salah satunya adalah bebas dari ganjil genap dan biaya parkir.

“Dan kendaraan listrik akan bebas dari ganjil genap dan parkir gratis. Mungkin di daerah-daerah memberikan pengurangan pajak. Saya dengar dari Jawa Timur sudah mulai memberikan kemudahan-kemudahan,” ujarnya.

Kalau dikaji lebih lanjut, kendaraan listrik dapat memangkas penggunaan bahan bakar fosil yang tentunya juga akan berimbas pada pengurangan polusi udara.

Sebagai informasi, PT Transjakarta telah melakukan uji coba bus listrik di sejumlah jalur khusus seperti tempat wisata. Mulai dari Monas hingga Ancol.