Sah! Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

40
Presiden Joko Widodo konferensi pers di Istana Negara

MONITOR, Jakarta – Teka teki lokasi pemindahan Ibukota baru kini akhirnya terjawab. Siang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengumumkan rencana perpindahan ibu kota negara dari Jakarta.

Jokowi mengungkapkan, Ibukota baru negara Indonesia akan dipindah di sebagian Kabupaten Penajam Pasir Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Kartenagara.

“Pemerintah telah melakukan kajian-kajian mendalam dan diintensifkan dalam 3 tahun terakhir ini. Hasil kajian, lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Pasir Utara, dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Prov Kaltim,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8) siang.

Adapun biaya pembangunan ibu kota negara ini, kata Jokowi, total kebutuhannya mencapai Rp466 triliun. Nantinya, lanjut Jokowi, dari APBN akan menggunakan 19 %.

“Sementara sisanya akan diperoleh melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KBBU), dan investasi langsung swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, kota Jakarta kedepannya akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global.