Manokwari Memanas, Ketua DPD Himbau Penyelesaian Secara Bijak

20
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang (OSO)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD RI Oesman Sapta (OSO) meminta semua pihak dapat menahan dari dan tidak memperkeruh suasana terkait memanasnya situasi menyusul dibakarnya gedung DPRD Manokwari, Papua Barat.

“Sebagai Ketua DPD saya mengimbau agar semua pihak menahan diri dan tidak memperkeruh suasana,” kata OSO kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (19/8).

Tidak hanya itu, ia juga menghimbau agar semua pihak harus dapat memahami secara bijak permasalahan yang terjadi, dengan tetap mengedapankan kepentingan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kalau itu disadari maka bisa melihat permasalahan ini secara bijak dan tidak menyinggung perasaan sesama anak bangsa,”ucap dia.

Lanjut senator dari Kalimantan Barat (Kalbar) ini berharap persoalan yang terjadi di Manokwari bisa diselesaikan dengn baik.

“Saya yakin dengan bijak dan kepala dingin setiap persoalan bisa diselesaikan,” imbuh pria yang juga wakil ketua MPR RI itu..

Himbauan itu, sambung OSO juga diarahkan kepada media massa yag tengah menyoroti permasalahan maupun kerusuhan yang terjadi di tanah Cendrawasi tersebut untuk meredam situasi yang sempat memanas.

“Media massa sebagai kekuatan pilar keempat dari demokrasi di Indonesia ikut bertanggungjawab menenangkan situasi yang terjadi di Manokwari saat ini,” terang dia.

“Media massa bisa juga kan membuat berita yang menyejukkan dan tidak memberitakan hal-hal yang dapat memperkeruh situasi di bumi Cendrawasih. Dengan demikian persoalan bisa diselesaikan,” pungkas OSO.