Ini Alasan Anies Rayakan HUT Kemerdekaan di Pulau Reklamasi

Gubernur jakarta anies baswedan

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memastikan akan menggelar upacara perayaan HUT Kemerdekaan ke-74 di pulau hasil reklamasi. Anies ingin menunjukan kalau lahan reklamasi itu adalah milik seluruh warga Jakarta dan milik negara bukan milik perorangan.

Tak hanya itu, kata Anies, dirinya pun ingin menunjukan tidak ada kesan ekslusif di lahan reklamasi tersebut.

“Selama ini ada kesan lahan hasil reklamasi adalah wilayah tertutup, bahkan media masuk ke sana tidak bisa, dijaga ketat seakan-akan itu milik pribadi. Seakan-akan milik swasta. Nah sekarang kita ubah kawasan itu menjadi kawasan terbuka milik Republik Indonesia yang seluruh warga negara bisa masuk ke kawasan itu,” kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Anies pun mengakui, bahwa pulau hasil reklamasi itu dulu dikuasai pihak swasta. Karena itu, kini Anies mengajak seluruh warga Ibu Kota untuk memperingati HUT ke-74 RI di sana.

“Kami ingin buat simbol dari kepemilikan ini adalah milik negara, bukan milik pribadi. Maka kita menyelenggarakan upacara di sana sebagai simbol bahwa itu tanah kita, itu air kita. Itu tanah air kita, dan kita selenggarakan peringatan kemerdekaan Tanah Air ini di hasil tanah yang dulunya dikuasai dan tertutup oleh swasta,” terangnya.

Anies ingin bendera merah putih bisa berkibar di pulau hasil reklamasi. Dia menegaskan wilayah itu milik Republik Indonesia.

“Jadi ini adalah sebuah pesan tidak ada wilayah eksklusif, tertutup. Ini adalah milik kami, milik Republik Indonesia. Karena itu kita selenggarakan upacara bendera di tempat itu, menandai tanah itu adalah tanah di bawah kibaran bendera merah putih,” pungkasnya.