Setjen DPR dan Lemhanas Gelar Orientasi Anggota Dewan 2019-2024

100
Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. Foto: Ist

MONITOR, Jakarta – Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian (Setjen dan BK) DPR RI bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggelar rapat persiapan orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi calon Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024. 

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar memastikan bahwa pihaknya sangat serius mempersiapkan acara tersebut.

“Jadi walaupun acara ini sepenuhnya akan dilaksanakan oleh Lemhannas selaku fasilitator, tentu Setjen dan BK DPR RI tetap bersungguh-sungguh dan serius mempersiapkan acara ini untuk mempersembahkan kepada partai-partai politik yang telah hadir,” kata Indra kepada wartawa, usai memimpin rapat di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jumat (2/8).

Dikatakan dia, orientasi yang diadakan Lemhannas ini akan diadakan sebelum pelantikan para anggota dewan pada 1 Oktober 2019, dikarenakan anggota yang terpilih memiliki kesibukan. Untuk itu, orientasi ini dibagi dalam empat termin waktu, dari awal bulan Agustus hingga akhir bulan September yang mana anggota dapat hadir di awal, tengah atau akhir waktu.

“Orientasi ini tentunya diadakan sebelum anggota dewan dilantik. Kami berikan kemudahan untuk empat kali proses kegiatan tersebut, hingga akhir September guna tersampaikan pesan yang sama kepada anggota dewan terpilih,” sebut Indra.

Selanjutnya, Indra mengatakan poin-poin pembekalan yang akan disampaikan nanti selain materi dari Lemhannas juga membahas aspek-aspek teknis yakni menyangkut kedewanan yang berkaitan dengan hak-kewajiban dewan. 

“Dan kami akan mengundang konsultan dari luar guna membahas mengenai public speaking yang menyangkut wawasan kebangsaan dan materi-materi lain yang berkaitan dengan geopolitik Indonesia dan dunia,” pungkasnya.