Sukses Kendalikan Inflasi, Pemprov DKI Sabet Lagi Penghargaan

26
Gubernur Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan atas kinerja Pemprov DKI mengendalikan inflasi (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kembali mendapatkan penghargaan dari Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Republik Indonesia, atas capaian dalam menjaga tingkat inflasi di daerah Jawa Bali.

Penyerahan piala Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) disaksikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

“Alhamdulilah di Jakarta menyampaikan terimakasih dan apresiasi bahwa tadi kami TPID DKI mendapatkan penghagaan sebagai TPID terbaik. Ini adalah sebuah kerja kolektif semua terlibat dan Pemprov DKI bersama BI DKI kemudian juga dengan BUMD DKI yang bekerja hand in hand,” ujar Anies di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Kamis (25/7).

Anies menuturkan, kunci keberhasilan DKI dalam mengatasi inflasi dengan membuat perancangan yang matang.

“Ada satu hal yang dilakukan DKI, membuat sistematika dengan baik, yaitu kita membagi bagian sistem Pemprov merumuskan kebijakan yang menjadi kebutuhan msyarakat,” tuturnya.

“Jadi permintaan dari masyarakat disiapkan dan DKI melakukan antisipasinya, kemudian yang kedua dari sisi pasokan barang oleh BUMD kita jadi ada pembagian kerja yang jelas antara DKI dan BUMD,” tambahnya.

Kemudian langkah konkret yang dilakukan, salah satunya melakukan kerja sama dengan daerah-daerah di Indonesia.

“Pasukan dari komoditas tertentu contoh telur dari Blitar, dan dengan adanya kerjasama seperti itu, maka ini bisa memastikan adanya supply yang tidak terganggu,” pungkasnya.