Jumat, 29 Maret, 2024

Ditutup Asrorun Niam, Indonesia Juara Umum ASG 2019

MONITOR, Magelang – Indonesia menjadi juara umum pada pesta olahraga pelajar ASEAN School Games (ASG) ke-11 2019. Perhelatan olahraga khusus pelajar se-ASEAN yang dilaksanakan 17-24 Juli 2019 ini secara resmi ditutup oleh Deputi Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh, bertempat di pelataran Candi Borobudur, Megelang Jawa Tengah, Rabu (25/7/2019).

Dalam sambutan penutupan, Niam menjelaskan, perhelatan olahraga pelajar ini akan memperkokoh kerja sama ASEAN dengan membangun hubungan persaudaraan secara lebih dini dan berkelanjutan.

“Event ini sangat strategis dan efektif dalam membudayakan semangat sportifitas, mental juara, dan yang terpenting persaudaraan di antara peserta dari seluruh negara ASEAN. Event olahraga ini sarana people to people contact yang akan melahirkan kebersamaan di kalangan pemuda,” tegasnya.

Lebih lanjut Niam menjelaskan, tema ASG 2019 “Unity, Spirit, and Respect” benar-benar nampak dalam moment pertandingan selama sembilan hari ini.

- Advertisement -

“Apresiasi dan dukungan penonton tidak hanya didasarkan pada hubungan emosional negara, tetapi pada prestasi. Applause diberikan penonton pada atlet yang berprestasi meski beda negara,” tegasnya.

Dalam event ini, Indonesia menjadi juara umum dengan meraih 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu. Disusul Thailand dengan meraih 33 emas, 31 perak, dan 35 perunggu. Selanjutnya, berturut-turut Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Myanmar, Laos, Brunai dan Kamboja.

Sebelum penutupan secara resmi oleh Deputi, acara didahului dengan Sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam sambutannya, Ganjar menyampaikan selamat kepada para atlit yang menjadi juara.

“Selamat bagi juara, dan bagi yang belum juara masih ada hari esok untuk terus berlatih dan berprestasi,” ujarnya.

Selain Asrorun Niam dan Ganjar, acara penutupan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Chairman Technical Committe ASSC Ong Kim Soon, Senior Ministry Officer Filipina, Mr. Salvador Malana, Walikota Semarang, Bupati Magelang, Staf Ahli dan Staf Khusus Menpora dan seluruh CDM serta peserta.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER