Anies Pamerkan Kemajuan Transportasi Massal Jakarta di Colombia

2024
Gubernur DKI Anies Baswedan bertukar gagasan di World City Summit di Medellin, Colombia (dok: Instagram)

MONITOR, Colombia – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bangga bisa berbagi gagasan tentang transformasi kota dan pembangunan masyarakat Jakarta, di hadapan forum World City Summit di Medellin, Colombia. Mantan Mendikbud RI ini senang karena pertemuan itu menjadi ajang tukar menukar pengalaman.

“Ini juga jadi ajang bagi kita untuk ikut kontribusi bagi kemajuan dunia,” kata Anies Baswedan, Rabu (17/7).⁣

Pada paparannya, Anies mengakui kemajuan transportasi di Jakarta memang menarik perhatian karena hadirnya program Jak-Lingko direspon positif oleh publik Jakarta.

“Dimana jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta semula 123 juta penumpang di tahun 2016, lalu melonjak menjadi 189 juta di tahun 2018 dan diproyeksikan menjadi 255 juta di tahun 2019,” terang Anies.

Anies mengatakan, banyaknya publik yang mengakses sarana transportasi massal tentu akan berdampak positif bagi lingkungan, seperti halnya mengurangi polusi udara.

“Ini menunjukkan bahwa kita on the right track dalam mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya, dan itu artinya bisa mengurangi polusi udara yang akhirnya bisa memperbaiki kualitas udara kita di Jakarta, insyaAllah,” kata Anies.