Pengamat Ingatkan Pembagian Kursi Menteri Jangan Sampai Rugikan Negara

Foto Capres dan Cawapres Jokowi-Ma'ruf

MONITOR, Jakarta – Direktur Politik Hukum Wain Advisory Indonesia Sulthan Muhammad Yus mengatakan, saat ini Calon Presiden Terpilih Joko Widodo tengah diributkan persoalan komposisi Menteri. Pasalnya, ada banyak pihak-pihak yang merasa telah membantu suksesi Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 lalu.

Ada partai politik pengusung dan pendukung, relawan, profesional keilmuan, aktifis hingga purnawirawan turut menebar pesona. Dalam ruang publik, Sulthan menyadari perdebatan masih berkutat di seputaran jatah partai atau jatah profesional.

“Sering luput, unsur purnawirawan perlu ditambah dalam wacana perdebatan pengisi kursi menteri,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7).

Dalam hal mengamankan, Sulthan menilai eks militer disebut paling berjasa mendinamisasi proses pertarungan hingga berakhir kondusif. Menurutnya, publik perlu memberi masukan pada presiden Jokowi untuk lebih selektif memilih calon pembantunya.

“Jangan sampai di periode terakhir pengabdian Jokowi malah tersandera oleh ketiga kelompok kepentingan. Jika mumpuni silahkan saja, tapi jika tidak kan yang rugi negara,” tegasnya.