Selasa, 19 Maret, 2024

Anies Bangga DKI Didapuk jadi Tuan Rumah C40 CCAPP Asia Tenggara

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merasa bersyukur mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah Peluncuran C40 Cities Climate Action Planning Programme (CCAPP) Asia Tenggara.

⁣Anies mengatakan, Jakarta yang mewakili negara Indonesia bersama Hanoi (Vietnam), Ho Chi Minh (Vietnam), Kuala Lumpur (Malaysia) dan Quezon City (Filipina) mengumumkan komitmen bersama untuk memenuhi Kesepakatan Paris. Kelima kota ini, ujar Anies, bergabung dengan lebih dari 70 kota lainnya di bawah naungan C40 Cities untuk meluncurkan secara resmi Program C40 Climate Action Planning untuk Kawasan Asia Tenggara.⁣

“Bagi kami, ini adalah kesempatan untuk bertukar ide, untuk membagikan apa-apa saja yang telah kami lakukan. Dan juga kami berharap untuk menghubungkan dan saling bertukar pengalaman praktik terbaik dengan kota-kota lain. C40 Climate Action Planning Programme mulai dilaksanakan di Jakarta hari ini sampai dengan besok,” kata Anies Baswedan di Balaikota Jakarta, Selasa (18/6) kemarin.

Mantan Mendikbud RI ini mengatakan, DKI Jakarta bersama dengan kota-kota Asia Tenggara yang tergabung dalam C40 Cities akan merampungkan Climate Action Plan pada September 2020.

“Pemprov DKI Jakarta sendiri telah mencanangkan beberapa Kegiatan Strategis Daerah terkait transportasi, pengurangan sampah dan pengelolaan lingkungan yang berkontribusi pada pengendalian dampak perubahan iklim,” tuturnya.

Beberapa inisiatif tersebut antara lain target untuk mengoperasikan 100 bis listrik pertama pada paruh kedua tahun 2020 dan 1.600 unit lagi pada tahun 2021; merenovasi 1.000 sekolah dengan penambahan panel surya pada tahun 2022; meningkatkan efisiensi energi, air dan mengurangi produksi sampah di bangunan gedung pada tahun 2030; serta memperluas cakupan kegiatan partisipasi masyarakat melalui penambahan Kampung Iklim.⁣

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER