Sabtu, 20 April, 2024

H-5, Penumpang Angkutan Moda Laut Alami Lonjakan

MONITOR, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa hingga Jumat (31/5) atau H-5 lebaran terjadi lonjakan penumpang pada angkutan moda laut.

Berdasarkan hasil pantauan, lonjakan terjadi di kota-kota besar, seperti Makassar, Pangkalan Bun, dan Samarinda.

“Di sektor laut memang ada suatu lonjakan yang baik, tercatat beberapa kota besar seperti Makassar, Pangkalan Bun dan Samarinda mengalami peningkatan. Presentase peningkatannya sebesar 9 hingga 30 persen,”kata Menhub dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/5).

Dikatakan dia, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, Kementerian Perhubungan menggeser beberapa kapal-kapal yang ada di Indonesia khususnya bagian Timur.

- Advertisement -

“Kita sudah antisipasi dengan menggeser kapal-kapal yang ada di Indonesia Bagian Timur, Namun tetap memperhatikan juga lonjakan penumpang di Indonesia Bagian Timur khususnya di daerah Papua” lanjut Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, kota yang harus diperhatikan juga adalah di Madura dan Batam. Untuk mengatasi lonjakan penumpang kapal di dua kota tersebut telah disiapkan kapal tambahan untuk melayani penumpang.

“Yang harus diperhatikan juga yaitu daerah Madura dan Batam, daerah Madura itu dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean banyak sekali penumpangnya untuk itu kita tambahkan kurang lebih 5 kapal. Sedangkan untuk Batam kita tambahkan 1 kapal,” paparnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (Siasati) Kemenhub, jumlah penumpang kumulatif dari H-15 hingga H-5 di 51 Pelabuhan yang dipantau pada tahun ini, mengalami peningkatan 8,27 persen atau sebesar 565.832 penumpang untuk penumpang naik dan 5,25 persen untuk penumpang turun (524.749 penumpang), dibanding periode yang sama pada tahun lalu yaitu 522.615 untuk penumpang naik dan 498.566 untuk penumpang turun.

Sementara untuk pelabuhan Makassar, jumlah penumpang kumulatif dari H-15 hingga H-5 pada tahun ini, mengalami peningkatan 22,67 persen untuk penumpang naik (21.447 penumpang) dan 119,43 persen untuk penumpang turun (25.614 penumpang), dibanding periode yang sama pada tahun lalu yaitu 17.484 penumpang naik dan 11.673 penumpang turun.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER