Polisi Ungkap Pelaku Kerusuhan 22 Mei, Dua Pelaku Berasal dari Bogor

2361
Polisi mengumumkan penangkapan pelaku kerusuhan pada aksi 22 Mei

MONITOR, Jakarta – Aparat kepolisian akhirnya mengungkap para pelaku perusuh dalam aksi demo 22 Mei lalu. Ternyata dari lima pelaku yang diduga pelaku kerusuhan dua diantaranya adalah warga Bogor.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal mengatakan, berhasil menangkap HK yang merupakan pemimpin kelompok ini di Hotel Megaria, Cikini, Jakarta, Selasa 22 Mei sekira pukul 11.30 WIB.

“Tersangka HK alamat di perumahan Cibinong Kabupaten Bogor. Peran HK leader mencari senpi sekaligus mencari eksekutor dan sekaligus eksekutor serta memimpin aksi. Yang bersangkutan ada saat 21 Mei. Membawa satu pucuk senpi Taurus. Yang bersangkutan menerima uang Rp150 juta,” kata Iqbal di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (27/5).

Setelah menangkap HK polisi pun langsung mengembangkan kasus ini dengan menangkap AZ di Bandara Soekarno-Hatat (Soetta), Selasa 22 Mei sekira pukul 13.30 WIB.

“AZ ini asal Ciputat. Pesannya mencari eksekutor dan menjadi eksekutor,” ujar Iqbal.

Selain AZ, polisi juga menangkap IR yang berencana akan menjadi eksekutor. IR ditangkap di pos sekuriti di kawasan Kebon Jeruk sekira pukul 20.00 WIB. IR juga telah mendapatkan imbalan Rp5 juta.

Kemudian, polisi juga berhasil menangkap TJ di Indomaret Sentul, Bogor pada Jumat 24 Mei 2019. Pelaku asal Cibinong Kabupaten Bogor ini berperan sebagai eksekutor dengan menguasai senpi rakitan laras pendek call 22 dan laras panjang call 22.

“TJ juga menerima uang Rp55 juta. TJ positif (narkoba) amfetamin dan metamfetamin. Jadi yang ingin keberaniannya meningkat ya menggunakan itu,” ujarnya.

Polisi juga turut menggaruk AD di hari yang sama di kawasan Koja, Jakut. AD ini merupakan penjual tiga pucuk senpi rakitan laras panjang dan pendek dengan mahar Rp26 juta. AD juga positif narkoba dengan kandungan amfetamin, metamfetamin, dan benzo,” imbuhnya.

Iqbal menambahkan, polisi juga menangkap seorang perempuan AF alias VV di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. AF ini berperan sebagai pemilik dan penjualan senpi rakitan revolver ke HK. AF sudah penjualan senpi sebesar Rp 50 juta.