PAN Tegaskan Ogah Ikut-ikutan People Power

87
Waketum DPP PAN Bara Krishna Hasibuan (dok: Jitunews)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Bara Hasibuan mengatakan, jika partai berlambang matahari putih itu tidak akan turut serta dalam aksi massa atau people power pada saat pengumuman resmi hasil rekapitulasi suara pemilu 2019 nanti.

Hal itu sekaligus menanggapi pernyataan politikus Partai Gerindra Desmon J Mahesa yang meminta agar Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menggerakkan unsur partainya lebih dulu sebelum menggelar aksi dari masyarakat sipil.

“Saya bisa katakan PAN tidak akan ikut gerakan-gerakan yang justru akan membuat suasana resah dan membuat chaos. Apa pun itu namanya, kami tidak akan terlibat,” tegas Bara kepada awak media, di Komplek Parlemen, Senayan, Kamis (16/5).

Ia mengklaim sikap tegas ketidakikut sertaan PAN dalam aksi people power senada dengan sikap yang disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Dia mengatakan, Zulkifli dengan tegas menyatakan PAN tidak akan ikut dalam kegiatan yang bersifat inkonstitusional.

“Saya mereferensi pendapat saya kepada ketua umum. Beliau (Zulkifli) selalu mengatakan bahwa kita tidak bisa ikut dalam kegiatan yang inkonstitusional,” pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, politikus Gerindra, Desmond J Mahesa, menyoroti manuver Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal people power. Desmond yang juga aktivis 1998 justru meminta Amien Rais menggerakkan PAN terlebih dahulu jika memang ingin menggelar people power.

“Kalau Amien Rais bisa mengajak partai yang dia dirikan itu, ‘gua ikutan, gua bagian dari ikutan’. Kalau nggak, ini kan lelucon yang nggak lucu. Lelucon yang nggak lucu. Ya masa dia ngajak Gerindra, gitu kan?” kata Desmond kepada wartawan, Rabu (15/5).