Prasetyo Diprediksi Kembali “Duduki” Kursi Ketua DPRD DKI

1729
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Langkah Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, untuk mengambil kursi wakil rakyat Jakarta sepertinya bakal berjalan mulus.

Betapa tidak, kendati proses perhitungan suara masih berlangsung, politikus PDIP yang masih menjabat sebagai Ketua DPRD DKI Jakarta ini, sudah mengantongi suara sekitar 28 ribu lebih di dapil 1 Jakarta Pusat.

Bahkan tak hanya kembali mendapat kursi wakil rakyat, kursi Ketua DPRD DKI Jakarta pun bisa jadi kembali diduduki oleh Prasetyo. Pasalnya menurut aturan, kursi ketua dewan hanya bisa diduduki oleh partai politik yang memperoleh suara terbanyak.

Apabila melihat hasil sementara perhitungan KPU, PDIP saat ini masih menjadi jawara di DKI Jakarta yang di ikuti PKS dan Gerindra.

“Alhamdulillah suara saya cukup tinggi di Dapil saya yaitu sebesat 28.808,” kata Pras sapaan akrab Prasetyo di Gedung DPRD DKI, Kamis (9/5/2019).

Menurut, dengan raihan suara sebanyak itu, kemungkinan dirinya untuk meraih kursi wakil rakyat Jakarta terbuka lebar.

“Doakan saja, mudah-mudahan saya masih diberi kepercayaan oleh warga Jakarta untuk duduk lagi di dewan. Kalau urusan Ketua Dewan itu nanti kewenangan partai,” ujarnya.

Sekedar diketahui, pada pemilu 2014, PDIP memiliki paling besar di DPRD DKI dengan 28 kursi, lalu Gerindra 15 kursi dan PKS 11 kursi.

Sementara di pemilu tahun ini, berdasarkan perhitugan suara sementara PDIP di Jakarta kembali menjadi nomor satu dengan perolehan diketahui tiga besar perolehan suara 19,07 persen, di ikuti PKS memperoleh 17,49 persen suara dan Partai Gerindra memperoleh 17,09 persen suara.