Rabu, 24 April, 2024

Hari Otonomi Daerah, Prasetyo: ASN Harus Lebih Proaktif

MONITOR, Jakarta – Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023 harus disambut dengan semangat otonomi daerah dengan mewujudkan ASN yang proaktif dan berakhlak membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia emas 2024.

Pesan ini disampaikan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Edi menyatakan momentum ini dapat dijadikan peringatan ini sebagai momentum semua kepala daerah dan pemerintah bersinergi, bersatu, gotong-royong, berkolaborasi dan berinovasi terus dalam mewujudkan cita-cita besar bersama menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul, Ini wajib diwujudkan. Hari Otda juga harus menjadi ajang pemersatu pemerintah daerah bersama dengan pusat dalam menghadapi tantangan bersama ini.,” tutur Prasetyo Edi Marsudi.

Menurut Prasetyo, semangat Otonomi daerah berdasarkan UU Nomor 32 Tahun 2004 adalah desentralisasi. Tapi bukan berarti kemudian lepas tercerai berai.

- Advertisement -

“Sebaliknya justru harus diikat dengan sinergi yang harmoni kolaborasi sehingga tujuan negara secara utuh bisa tercapai, yang dalam hal ini adalah Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang,” terangnya.

Ia menegaskan Otonomi Daerah merupakan media bagi jajaran pemerintahan daerah dan masyarakat untuk merefleksikan serta memperkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan amanah serta tugas untuk memberdayakan prinsip-prinsip otonomi daerah dalam mewujudkan daerah menjadi lebih mandiri, maju dan sejahtera dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER