Jumat, 26 April, 2024

Ratusan KPPS Meninggal, Cak Imin: Pemilu Serentak Harus Diubah!

MONITOR, Jakarta – Sistem pemilihan umum yang digelar serentak kali ini menjadi hajatan demokrasi terbesar dan sangat melelahkan. Selain menguras banyak tenaga, dalam praktiknya, banyak anggota KPPS yang kelelahan hingga meninggal dunia.

Terkait fenomena ini, Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan bahwa para petugas Pemilu sangat kelelahan dalam melakukan rekapitulasi penghitungan suara. Nila mengungkapkan, anggota KPPS bekerja hampir selama 24 jam.

Banyaknya anggota KPPS yang meninggal dunia juga disorot oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Ia mengaku, sejak awal sudah mengingatkan bahwa sistem ini terkesan dipaksakan.

Politikus yang beken disapa Cak Imin ini mendesak agar sistem pemilu saat ini harus segera diubah. Sejak awal, ia mengaku tak sependapat dengan sistem pemilu serentak.

- Advertisement -

Bahkan Wakil Ketua MPR RI ini menyayangkan sikap Mahkamah Konstitusi yang terlalu ikut campur urusan teknis dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Pemilu serentak harus dirubah! Sudah sejak awal saya ingatkan, bahwa penjadwalan ini pemaksaan, MK terlalu campur tangan urusan teknis, padahal KPU dan Partai Politik punya pengalaman. Rubah sistem pemilu!” tegas Cak Imin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER