Hari Kartini Menurut Khofifah Indar Parwansa

48
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa

MONITOR, Jakarta – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parwansa berharap hari Kartini yang jatuh pada hari ini Minggu, 21 April 2019 menjadi ajang refleksi, evaluasi dan memantapkan aksi atas beragam masalah perempuan.

“Selamat Hari Kartini untuk seluruh Perempuan Indonesia dimana pun berada. Lakukan yang terbaik untuk dirimu, keluarga, juga bangsa dan negara. Momentum Hari Kartini harus menjadi refleksi, evaluasi dan memantapkan aksi atas beragam masalah perempuan,” tulis Khofifah Indar Parwansa menyertai unggahan video pendek di akun twitter pribadinya disertai dengan hastag #HariKartini #KartiniDay

Dalam video unggahanya yang berdurasi satu menit itu, Ketua Umum PP Muslimah NU itu menyebut peran ibu-ibu penjual sayuran di pasar tradisional sebagai gambaran kartini masa kini yang luar biasa.

“Seluruh peran-peran yang dilakukan perempuan indonesia, termasuk adalah peran-peran ekonomi ibu-ibu yang tengah malam jualan sayur di pasar-pasar tradisional. Ibu-ibu yang habis subuh kembali kerumah dengan memperoleh mungkin sedikit keuntungan hasil berdagang sayur, tetapi mereka punya kontribusi yang sangat besar ketika dia menyisihkan keuntungan yang sedikit itu. lalu disiapkan lah untuk biaya pendidikan anak-anaknya. Merkalah perempuan-perempuan luar biasa. selamat hari kartini. Kartini hari ini adalah kartini yang memiliki keteguhan dan ketegaran,” imbuh Khofifah dalam video tersebut.